10 Ciri Web Designer Yang Berkualitas Baik

Web designer yang memiliki kualitas baik itu gampang-gampang susah untuk dicari, ada banyak sekali web designer saat ini, apa lagi dengan semakin ramainya industri web di Indonesia khususnya.

Jika anda sedang ingin membangun sebuah website dengan desain yang baik, atau anda sedang mencari seorang web designer yang akan anda ajak untuk menjadi partner kerja anda dalam membangun sebuah website, maka coba luangkan waktu anda untuk membaca artikel berikut ini agar anda tidak salah dalam memilih orang (web designer). Karena beberapa designer cukup profesional di bidangnya namun sangat banyak juga yang amatir dan kurang bertanggung jawab.

Disini kami akan memberikan setidaknya 10 kualitas yang harus dimiliki oleh web designer yang baik atau bisa kita bilang cukup profesional dibidangnya, sehingga bisa jadi acuan anda dalam memilih web designer yang berkualitas.


1. Pendengar Yang Baik.

Image by Radu Chibzii

Seorang web designer yang baik itu mutlak harus bisa jadi pendengar yang baik, sehingga dia bisa memahami apa kebutuhan anda dan mempertimbangkan apa yang harus dia berikan untuk memenuhi keinginan anda dalam sebuah desain website.

2. Mempertimbangkan Gagasan Anda.

Banyak web designer yang egois, dia hanya fokus pada apa yang ingin dia lakukan terhadap website anda dan tidak memperdulikan apa yang anda inginkan terhadap website yang ingin dibuat. Web designer memang memiliki pengetahuan tentang apa yang dia akan buat, namun dia juga harus mempertimbangkan apa keinginan klien nya.


3. Komunikasi.

Selain harus bisa jadi pendengar, Seorang designer yang baik harus memiliki komunikasi yang baik juga, dia harus bisa menjelaskan terminologi tentang website dalam bahasa yang anda lakukan dengan dia. Dia Juga gampang dihubungi dan enak diajak berbicara.


4. Pengetahuan Tentang Teknologi.

Jika anda ingin menguji kemampuan atau pengetahuan web designer anda, maka tes lah pengetahuan nya tentang teknologi web. Dia harus familiar dengan tools yang digunakan dalam pembuatan sebuah website.


Image By IntelFreePress

5. Penggunaan Terminologi.

Seorang web designer tidak hanya mengenal teknologi, tapi dia juga harus mengerti bagaimana menggunakan teknologi tersebut.

Misalnya saat ini sedang marak istilah “Responsive Web Design“, designer mungkin tau secara teori namun apakah dia sudah bisa menggunakannya? apakah dia sudah pernah membuat. Silahkan anda lihat bagaimana dia menggunakan teknologi tersebut, bisa dengan melihat portfolio atau dari gagasan yang dia berikan.


6. Menjaga Bisnis dan Tujuan Bersama.

Anda tentu ingin website anda terlihat bagus, web designer yang baik juga harus punya komitmen untuk membuat sebuah desain yang memiliki kualitas bagus juga, web designer harus paham kalau apa yang dia buat akan menjadi/menambah portfolionya. Dengan memahami itu biasanya web designer akan selalu memberikan yang terbaik disetiap pekerjaan nya.

Untuk itu anda bisa dengan melihat portfolio nya, apakah dia konsisten membuat yang bagus atau hanya sesekali.


7. Menghemat Waktu dan Biaya Anda.

Kadang web designer hanya berfikir bagaimana agar dia mendapat penghasilan yang banyak dari anda. Jadi berhati-hatilah dengan web designer yang meminta waktu pengerjaan yang terlalu lama atau terlalu cepat, apa lagi jika dia dibayar perjam atau per hari. Sebaiknya tentukan berapa lama target dan biaya yang akan dikeluarkan sebelum memulai pekerjaan, designer yang baik tidak akan menghabiskan waktu anda dan tidak akan terburu-buru juga, buru-buru bisa membuat hasil jadi tidak maksimal.

Namun perlu diingat, jangan menekan harga web designer, karena bisa membuat dia bekerja dengan hati kurang senang, sehingga hasil jadi tidak maksimal, berikan harga terbaik sehingga dia happy dan dapat menghasilkan karya yang baik.


8. Pandai Menggabungkan Desain Lama Dengan Yang Baru.

Web designer yang baik bisa menggabungkan apa yang ada sebelumnya dengan gagasan-gagasan yang baru, dalam hal pembuatan desain website yang baru misal nya, dia akan memberikan sentuhan baru dengan tidak meninggalkan karakter website lama anda.

Namun jika anda ingin yang sesuatu yang benar-benar 100% berubah sebaiknya bicarakan dengan tegas juga, karena sebagian designer bekerja dengan melihat bagaimana anda/perusahaan anda sebelumnya.

Jadi minta dia memberikan masukan apa yang akan dia perbuat terhadap website anda, sebelum dia benar-benar anda pekerjakan, web designer yang baik harus bisa menjabarkan apa yang akan dia lakukan.


9. Memiliki Portfolio Yang Baik.


Image By kodamapixel

Yang paling utama tentu kita harus melihat apa yang pernah dia kerjakan, inilah hal cukup penting ketika kita ingin bekerjasama dengan orang lain. Lihat hasil karyanya, jika menurut anda menarik, janga hanya melihat satu, tapi lihat beberapa, apakah dia konsisten membuat yang baik atau tidak.

10. Rekomendasi / Nama Besar.

Image by Skampy

Jika dia banyak direkomendasikan oleh orang lain sudah barang tentu dia adalah seorang yang berkualitas dan punya citra baik dimata orang lain. Jadi cobalah untuk melihat sepak terjangnya di dunia maya, dengan aktifitasnya di sosial media atau di group/forum, kalau dia sering memberikan solusi untuk pertanyaan-pertanyaan di group bisa dibilang dia memiliki kemampun yang bisa diandalkan.

Sekian.



0 comments:

Post a Comment