Membuat Frame Fullscreen Dengan HTML

Membuat frame yang full screen 100% dengan html akan adalah topik kita kali ini, membuat frame yang fullscreen tidak terlalu gampang, tidak cukup sekedar memberikan height 100% dan width 100%.


Image is under Creative Common by cpradi

Berawal dari sebuah pertanyaan di sebuah group di facebook, dimana seorang bertanya bagaimana membuat Iframe yang fullscreen, maka dengan itu kami berniat membuat sebuah tulisan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut, tulisan ini tidak akan panjang karena membuat nya juga tidak terlalu sulit, hanya perlu sedikit tambahan kode saja.


Lalu apa gunanya membuat frame? ada banyak alasan, salah satu alasan biasa digunakan iframe yaitu saat sebuah halaman dipindahkan ke domain baru, tapi user masih mengakses halaman yang lama (sebenarnya bisa di redirect).

Alasan lain yaitu ketika sebuah domain belum siap launching website nya, dan demo website masih diletakan di tempat yang berbeda, maka kadang untuk menampilkannya secara online kepada client, maka developer menggunakan frame. Dan masih banyak alasan lainnya.

Lalu bagimana cara membuatnya?

Pertama siapkan sebuah file HTML yang kita beri nama iframe.html.

Disini kita akan mencoba memuat halaman depan tutorial-webdesign.com dengan file tersebut, berikut ini adalah potongan kode yang bisa digunakan.


Bisa dilihat, kalau anda klik menu-menu yang ada di demo tersebut, url nya tidak berubah, itu menandakan bahwa halaman tersebut dimuat dalam sebuah frame.

Index.html
Letakan script berikut dibawah tag /head.

frameset rows="*,1" framespacing="0" border="0" frameborder="NO">
<frame src="http://tutorial-webdesign.com/" name="test" scrolling="auto" noresize>
</frameset>

<noframes>
<body>
</body>
</noframes>


Kenapa diletakan setelah tag /head dan tidak didalam tag body dan /body ? Karena begitulah cara penggunaan frame.

Sekian tutorial singkat ini, salam web development indonesia



SUMBER = http://www.tutorial-webdesign.com/membuat-frame-fullscreen-dengan-html/

0 comments:

Post a Comment