Membuat Game Android Dengan Adobe Flash[2]
Pada posting
sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana langkah awal dalam membuat game
android ini. Sekarang kita akan belajar bagaimana memasukan objek kedalam game
kita. Langkah pertama (karena saya malas bikin objek) kita download dulu objek
yang akan kita pakai. Kali ini saya akan memakai objek monster yang saya
dapatkan dari google image
Saya mengambilnya
dari situs ini
Nah kemudian import
gambar yang sudah kita download tadi ke library Adobe Flash. Caranya klik File
- Import - Import to Library
Kemudian pilih file
yang sudah kita download tadi.
Klik Open.
Setelah itu coba cek
library kita dengan menekan tombol Ctrl+L seharusnya
terdapat file yang sudah kita import tadi
Ok jika sudah ada
filenya sekarang kita akan membuat sebuah MovieClip baru di dalam flash. Yang
tidak tahu movieclip itu apa. Nanti akan saya bahas di postingan tentang adobe
flash. Oke cara membuat sebuah movie clip adalah dengan cara menekan tombol Ctrl+F8 maka akan muncul tampilan seperti di
bawah ini :
Perhatikan bagian
yang saya beri tanda kotak berwarna merah. Kotak
yang bagian atas adalah nama dari Movieclip yang akan kita buat. Saya beri nama
"Monster" perhatikan penulisan huruf besar dan kecil karena ini
berpengaruh kepada project yang akan kita buat.
Kotak kedua adalah kamu harus ceklis tanda pada
radio button Export for Actionscript karena kita akan memasukan Movieclip ini
menggunakan bahasa pemograman actionscript 3.0
setelah kitu kemudian klik tombol OK.
Setelah tombol ok di
klik, maka kita akan otomatis berada didalam movieclip tersebut. Bagaimana kita
tahu kita sudah berada didalam movieclip? Coba cek bagian ini
Disana terdapat
tanda Scene 1 kemudian Monster di sebelahnya. Itu tandanya kita sedang berada
di dalam sebuah movieclip bernama monster. Jika kita tidak berada didalam
sebuah movie clip, maka yang tertera hanya tulisan Scene 1 saja.
Ok kembali ke
project kita..
Setelah berada di
dalam movieclip monster, sekarang kita akan memasukan objek monster yang
terdapat di library kedalam movieclip ini. Caranya buka library (Ctrl + L )
kemudian klik dan drag objek monster ke tengah-tengah movieclip kita
Darimana kita tahu
dia berada di tengah.. Perhatikan kotak merah kecil yang saya tambahkan pada
monste di atas. Itu adalah titik tengahnya. Jika sudah kita kembali lagi ke
Scene 1 dengan cara menekan tombol Scene 1.
Klik bagian yang
saya beri tanda kotak berwarna merah
Oke langkah
selanjutnya adalah membuat Class baru untuk monster yang sudah kita masukan.
Caranya klik File - New maka akan muncul tampilan seperti
ini
Setelah kotak new
document muncul langkah selanjutnya adalah memilih menu ActionScript 3.0
(perhatikan kotak berwarna kuning) kemudian perhatikan kotak yang berwarna
merah. Itu adalah nama Class yang akan kita buat.
Catatan
: nama class haru sama dengan nama linkage movieclip yang sudah kita buat
Dimana kita
mengetahui nama linkage yang sudah kita buat? Ada di librari lihat pada bagian
movieclip yang kita buat di sebelah terdapat menu linkage. Perhatikan gambar
dibawah
Bagian yang saya
beri tanda kotak berwarna merah adalah nama linkage.
Oke kembali ke pembuatan Class.. Kemudian klik OK setelah
memberikan nama pada Class yang akan kita buat. Maka akan muncul class baru
seperti ini :
Setelah itu kemudian
tambahkan beberapa script kedalam class monster sehingga menjadi seperti ini :
Class ini belum kita
save, harus kita save terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Ctrl + S
Beri nama class yang
kita buat dengan nama Monster.as (nama file harus sama dengan nama Class yang
kita buat )
Apakah ini sudah
selesai? Belum sodara sodara, kita baru membuat class.. Sekarang kita akan
belajar bagaimana mamasukan objek monster tadi ke game yang akan kita buat...
Loh.. Tadi kan sudah
di import?
Yap, tadi baru di
import ke library, sekarang kita akan memasukanya ke dalam stage dengan
menggunakan bahasa pemograman actionscript 3.0
Ok here we go!
Buka kembali file mainClass.as yang sebelumnya sudah kita buat
Ini adalah script
mainClass yang belum kita edit, sekarang tambahkan script untuk menambahkan
objek. Rubah menjadi seperti ini :
Jika sudah save
semua file dan class yang sudah kita buat. Sekarang saatnya kita compile
aplikasi yang sudah kita buat dengan cara menekan tombol Ctrl + Enter
jika semua langkah yang sudah saya buat di
ikuti dengan benar, maka seharusnya muncul tamplan seperti ini :
Jika ada yang gagal
coba perhatikan lagi langkah-langkahnya ya. Atau kalo mau bertanya langsung
boleh join di grup facebook Purwakarta Creative Movement
Oke segitu dulu
posting kali ini, selanjutnya saya akan membuat posting tentang bagaimana
memanpulasi objek yang sudah kita buat. Ok ditunggu ya :D
2 comments:
sangat membantu sekali gan .
saya sangat menunggu artikel tutorial berikutnya :)
sangat membantu sekali gan .
saya sangat menunggu artikel tutorial berikutnya :)
Post a Comment