Penggunaaan FORM di bahasa pemogaman PHP

Udah pada bisa bikin form kaan.. Kalo belum belajar dulu di tutorial html yang saya bikin ya. :D

Saya  anggap sekarang udah pada bisa bikin  form di HTML. Nah sekarang bagaimana caranya membuat form yang kita buat itu dapat berinteraksi dengan php. Interaksi gimana? Ya maksudnya data2 di formnya bisa kita maenin gitu. Pokoknya gitu deh :D

Merancang sebuah form, setidaknya ada 3 hal yang perlu di cermati.
1. METHOD
Method dari sebuah form menentukan bagaimana data inputan form dikirim. Method ini ada dua macam, yaitu GET dan POST. Method ini menentukan bagaimana data inputan dikirim dan diproses oleh PHP.

2. ACTION
Action dari sebuah form menentukan dimana data inputan dari form diproses. Jika action ini dikosongkan, maka dianggap proses form terjadi di halaman yang sama. Jadi halaman form dan halaman proses bisa saja dipisah atau dijadikan satu.

3. SUBMIT BUTTON
Submit button merupakan sebuah tombol (pada umumnya) yang berfungsi sebagai trigger pengiriman data dari form inputan. Jika tombol ini ditekan, maka data form akan dikirimkan (diproses) di halaman yang sudah ditentukan pada atribut action.

CARA PENANGANAN FORM
Untuk melakukan penanganan pada form terdapat beberapa cara. Salah satuny adalah dengan cara menyatukan form dengan proses. Jadi dia masih di file yang sama.

Contohnya gini :

MENYATUKAN FORM DENGAN PROSES
<html>
<head><title>Pengolahan Form</title></head>
<body>
<FORM ACTION="" METHOD="POST" NAME="input">
Nama Anda : <input type="text" name="nama"><br>
<input type="submit" name="Input" value="Input">
</FORM>
</body>
</html>
<?php
if (isset($_POST['Input'])) {
$nama = $_POST['nama'];
echo "Nama Anda : <b>$nama</b>";
}
?>
PENJELASAN PROGRAM :

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari program  di atas, di antaranya mengenai nama setiap komponen form karena nama ini akan menjadi index array dalam PHP. Pada program 4.1 di atas, value atribut action pada tag form tidak diisi (baris 4), ini berarti bahwa proses pengolahan form berada di halaman yang sama. Selanjutnya (baris 4) method yang digunakan dalam penanganan form
adalah POST. Cara ini lebih disarankan dalam penanganan sebuah form inputan.

Mulai baris ke-11 hingga 16, terdapat script / program PHP yang akan menangani (mengolah) nilai yang diinputkan melalui form. Letak proses inputan ini boleh sebelum atau sesudah form, tergantung kebutuhan. Pada baris ke-12, terdapat pemeriksaan kondisi apakah tombol dengan nama “Input” (perhatikan index array $_POST dan bandingkan dengan name tombol submit pada form) benar-benar ditekan atau tidak oleh user.

Selanjutnya pada baris ke-13, nilai inputan dari form akan diambil dengan cara mengakses array $_POST sesuai dengan komponen form yang akan diambil. Pada baris 13 ini, isi komponen inputan dengan nama “nama” akan diambil dan dimasukkan ke variabel $nama. Index array $_POST pada baris 13 harus sama dengan value atribut name pada baris ke-5.

MEMISAHKAN FORM DENGAN PROSES
Kalo kita perhatikan di program yang sebelumnya. Tag action yang kita buat di dalem form kan dibiarin kosong. Nah kalo kita mau di pisah form dengan prosesnya harus  di isi si action itu. Jadi si action itu adalah lokasi file yang akan memproses data yangkita buat di dalam form.

Jadi kita harus bikin dua  file? IYA BETUL! :D

Contoh msal kita bikin fle input.php
Skripnya kaya  gini :
<html>
<head><title>Pengolahan Form</title></head>
<body>
<FORM ACTION="proses02.php" METHOD="POST" NAME="input">
Nama Anda : <input type="text" name="nama"><br>
<input type="submit" name="Input" value="Input">
</FORM>
</body>
</html>

Nah coba perhatikan skrip di atas. Di FORM ACTION="proses02.php"

Itu artinya kita akan memproses data yang kita punya didalam file proses02.php
Makanya  kita harus bikin dulu file proses02.php nya

Kaya gini skripnya :
<?php
if (isset($_POST['Input'])) {
$nama = $_POST['nama'];
echo "Nama Anda : <b>$nama</b>";
}
?>

Nah itulah cara memproses form dengan php. Masih sangat sederhana sih. Kan masih dasar. Nanti saya lanjutin lagi ke prosesyang lebih rumit ya :D


Pelan pelan belajar mah harus enjoy lads. B-)

0 comments:

Post a Comment