MINAT DESIGN GRAFIS?

Pilih area desain grafis. Sebelum Anda dapat menyebut diri desainer grafis, Anda harus membuat beberapa keputusan. Misalnya, apakah Anda tertarik dalam bidang periklanan, pengembangan web, multimedia (contohnya industri TV), desain cetak, atau animasi? Semua ini dapat dianggap sebagai bentuk desain grafis yang berbeda. Persempit fokus pada bidang yang menarik minat Anda.
  • Meskipun desain grafis pada dasarnya sama baik cetak maupun online, ada perbedaan kunci dalam resolusi, ruang warna, dan variabel lain yang spesifik terhadap medium yang ingin Anda fokuskan. Meskipun Anda dapat melakukan keduanya, lebih baik fokus pada salah satu untuk memulai.
Dapatkan alat-alatnya. Aplikasi standar industri untuk desain grafis adalah Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. (Jika Anda ingin habis-habisan, Adobe Creative Suites lengkap mencakup Acrobat, Dreamweaver, Illustrator, Premiere, Photoshop, InDesign dan After Effects.) Meskipun kedua aplikasi dirancang agar mudah digunakan dari awal, program ini kaya akan fitur dan akan membutuhkan banyak usaha fokus untuk menguasainya.
  • Program-program ini tidaklah murah. Untuk memulai, bermain-mainlah dengan alternatif gratis seperti Gimp, Scribus, Inkscape, dan Pixlr, yang semuanya dapat membantu Anda belajar hingga Anda mau dan mampu mengeluarkan uang banyak untuk program sesungguhnya.
Belilah buku-buku teks. Fokuslah pada buku-buku yang mengajarkan dasar-dasar desain, kemudian pelajari seolah-olah Anda mengikuti perkuliahan. Daripada bekerja untuk mendapat nilai, hadiah Anda adalah karier yang Anda senangi. 
 
Ambillah kursus dalam desain grafis. Tidak hanya untuk menjadi ahli dalam program-program seperti Photoshop dan Illustrator, tetapi untuk belajar cara menggunakan alat-alat berharga ini demi mengembangkan esensi desain yang dapat dipasarkan. 
 
Tingkatkan pendidikan Anda. Benar-benar tertarik dengan desain grafis? Pertimbangkan untuk mendapatkan gelar. Latar akademik dapat membangkitkan inspirasi dan membentuk jaringan dengan orang lain di bidang yang sama adalah hal yang baik. Lebih dari itu, banyak orang yang tidak akan menyewa seorang desainer grafis tanpa melihat bukti bahwa mereka terlatih dengan baik. Pertimbangkan pilihan-pilihan ini:
  • Jika Anda ingin mendapat gelar yang akan memberi Anda kredibilitas tetapi tidak punya banyak waktu atau uang, carilah gelar diploma. Ini umumnya gelar dua tahun yang dapat diperoleh melalui sekolah akademi. Penekanannya adalah pada keterampilan komputer dibandingkan dengan teori seni, tetapi ini merupakan tempat yang baik untuk memulai.
  • Jika Anda ingin gelar dengan bobot tertentu, dapatkan gelar sarjana. Ini umumnya merupakan gelar empat tahun yang dapat diperoleh di universitas. Selain mempelajari seluruh keterampilan komputer yang diperlukan, Anda juga akan dilatih dalam seni dan desain.
    • Anda tidak 100 yakin bahwa desain grafis akan menjadi jalan karier Anda? Dapatkan gelar sarjana seni, bukan sarjana seni visual atau pertunjukan. Meskipun keduanya baik untuk jenis pekerjaan ini, fokus gelar sarjana seni tidak terlalu luas dibandingkan sarjana seni visual, mencakup pendidikan yang lebih umum, dan memudahkan bagi Anda untuk mengubah pilihan ke jurusan yang sama sekali berbeda jika Anda ingin mengejar karier lain.
  • Jika Anda telah memiliki gelar sarjana seni, lakukan pekerjaan pasca-sarjana muda dalam desain grafis. Kursus ini bahkan dapat memberi Anda sertifikat, pengakuan, atau gelar sarjana kedua.
  • Jika Anda benar-benar berniat menjadi desainer grafis, ambillah gelar pascasarjana. Jika Anda belum melakukannya, pertama-tama Anda perlu mendapatkan gelar sarjana. Pertimbangkan untuk mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan bisnis jika Anda tertarik untuk bekerja freelance.
 
Libatkan diri dengan komunitas desain. Berlatih di rumah merupakan cara yang baik dan aman untuk belajar dasar-dasar desain, tetapi pada akhirnya Anda perlu mempromosikan diri di luar agar dapat memperoleh umpan balik. Meskipun awalnya mungkin menyakitkan, kendalikan ego Anda dan pelajari tips dengan serius; imbalannya akan sangat besar. Selain itu, penting untuk melihat apa yang dilakukan orang lain sehingga Anda mengenal lebih dari satu atau dua gaya.
  • Seperti juga bisnis lain, jaringan penting dalam desain grafis, khususnya jika Anda ingin bekerja freelance. Perbanyak teman, tetaplah berhubungan, kembangkan keinginan belajar, dan Anda mungkin akan mendapatkan pekerjaan karenanya.
 Link

0 comments:

Post a Comment