10 Layanan Ngeblog Paling Banyak Digunakan

Ngeblog adalah aktivitas yang cukup banyak dilakukan oleh pengguna internet. Selain bermedia sosial, ngeblog juga menjadi alternatif untuk menumpahkan isi hati dan pikiran. Beberapa orang lebih memilih ngeblog ketimbang bermedia sosial. Salah satu alasannya adalah karena ngeblog lebih bisa menghasilkan uang. Namun, hal itu tidak mutlak. Karena kini banyak sekali program afiliasi yang disebarkan via media sosial.


Seiring tren ngeblog akhir-akhir ini, banyak sekali platform ngeblog yang ditawarkan. Sering kali banyaknya platform ngeblog ini membuat bingung pemula. Ngeblog bisa bermacam jenis. Ada yang ngeblog isinya curhat, ada pula ngeblog yang isinya posting foto-foto. Beberapa ada pula yang menulis serius mengenai opini kekinian. Lantas, bagaimana cara memilih platform ngeblog yang tepat. Berikut ini adalah 10 layanan ngeblog paling banyak digunakan. Kamu bisa memilihnya sesuai fitur yang ditawarkan oleh mereka.

10 Layanan Ngeblog Paling Banyak Digunakan

1. Blogger

Blogger
Blogger adalah platform ngeblog yang dimiliki oleh Google. Selain gratis, kemampuannya muncul di pencarian Google juga membuat banyak orang memilih platform ini. Blog Iskael ini juga menggunakan Blogger sebagai platformnya. Blogger juga mengizinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi template. Menurut saya, inilah yang membuat Blogger unggul di mata banyak blogger yang suka mendesain template.

2. WordPress.com

WordPress
Layaknya Blogger, WordPress.com juga merupakan platform ngeblog gratis yang juga banyak dipilih oleh para blogger. Tampilan dasbor yang mudah, membuat WordPress.com ini digemari banyak pemula. Selain itu, tampilan WordPress.com ini cocok untuk menulis sebuah jurnal kehidupan. Kekurangannya adalah kamu tidak bisa melakukan edit template seenak Blogger. Jika kamu ingin mengedit template, kamu harus upgrade keanggotaan menjadi Premium.

3. Tumblr

Tumblr
Berbeda dengan layanan ngeblog lainnya, Tumblr tampil lebih sederhana. Tumblr ini digemari oleh mereka yang suka memajang foto atau hasil karya berupa gambar lainnya. Selain itu kamu bisa menjumpai banyak tipe postingan yang bisa kamu pilih. Jika kamu ingin tahu garis besarnya, kamu bisa mengunjungi entri Iskael mengenai Tumblr.

4. MyWapBlog

MyWapBlog
MyWapBlog ini digunakan oleh banyak pengguna ponsel. Tampilannya memang terkesan jelek dan kurang profesional. Namun, sangat nyaman apabila kamu ngeblog via ponsel.

5. Blog.com

Blog.com
Blog.com ini jika ditelusuri dia menggunakan platform WordPress Multisite. Jadi buat kamu yang terbiasa dengan WordPress, kamu akan terbiasa menggunakan Blog.com. Yang unggul dari Blog.com adalah karena subdomainnya bagus dan singkat, yaitu *.blog.com.

6. Blogdetik

Blogdetik
Sama halnya dengan Blog.com, Blogdetik juga menggunakan WordPress Multisite. Kelebihan Blogdetik dibandingkan dengan platform lainnya adalah kekuatan komunitasnya. Apabila kamu pemburu giveaway atau kontes ngeblog, kamu bisa mendaftar di Blogdetik karena banyak banget kontes ngeblog berhadiah di sana.

7. LiveJournal

LiveJournal
Mungkin di Indonesia LiveJournal ini tidak seberapa ngetop. Tapi asal kamu tahu, pendiri Facebook -Mark Zuckerberg- juga pernah ngeblog di LiveJournal loh. Tampilan LiveJornal sederhana, namun bisa memasukkan gambar dalam komentar. Keren bukan?

8. Typepad

Typepad
Sama seperti LiveJournal, Typepad kurang ngetren di Indonesia. Namun, bisa kamu temui di Amerika sana Typepad ini juga termasuk platform ngeblog yang ngetren karena Typepad ini termasuk platform ngeblog yang udah lama beroperasi.

9. Kompasiana

Kompasiana
Kompasiana adalah platform ngeblog yang dibuat oleh Kompas. Seperti halnya Blogdetik, Kompasiana juga dikuatkan oleh komunitasnya.

10. SquareSpace

SquareSpace
Ini adalah salah satu platform ngeblog premium yang bagus. Kamu bisa memilih template-template premium yang disediakan. Cocok banget buat kamu yang fokus ngeblog di bidang fotografi atau membuat toko online yang berupa galeri.

Itulah kesepuluh layanan ngeblog paling banyak digunakan. Bagaimana menurutmu? Kamu pakai platform yang mana?
Sumber

0 comments:

Post a comment